Senin, 20 April 2015

Urgensitas Penilaian Bagi Guru PAI



Kopas dari tetangga sebelah
Penilaian memiliki peran penting dalam rangka mengukur keberhasilan sebuah pembelajaran. Hal inilah yang menjadi landasan filosofis subdit PAI SD, Kemenag RI dalam melaksanakan kegiatan "Workshop Pengembangan Penilaian PAI SD Berbasis Kurikulum 2013" yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 30 Maret - 1 April 2015.

Kepala Subdit PAI SD, Halfian Lubis, dalam paparannya menyampikan, "salah satu permasalahan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam selain penguasaan media dan metode pembelajaran juga ketrampilan dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik". Karena itulah perlunya para guru meningkatkan kemampuan dalam hal penilaian terutama penilaian otentik yang menjadi nafas dari Kurikulum 2013. Hal ini menjadi penting, mengingat penilaian otentik merupakan penilaian yang meliputi masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.

Salah satu narasumber, Dr. Safari, dari Pusat Kurikulum (Puskur) Kemendikbud mengatakan, "jangan sampai para guru punya niat menggelincirkan siswa dalam membuat soal. Adalah kesalahan yang besar jika guru menyusun soal tanpa menggunakan aturan ataupun kriteria yang justru malah menjatuhkan siswa".

Safari juga menjelaskan dalam penilaian guru harus memegang prinsip UKRK yang merupakan akronim dari Urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Keterpakaian sehari-hari. Soal atau pertanyaan dalam penilaian akan memperlihatkan kualitasnya jika jelas urgensinya atau kepentingannya, berkelanjutan, relevan antar satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain, serta dapat dirasakan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh sejumlah guru dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut, peserta juga diperkenalkan metode pembelajaran Market Plan Activity. Metode tersebut merupakan metode berbasis pembelajaran aktif atau yang lebih dikenal dengan nama Active Learning. Dalam salah satu prakteknya, siswa diajak untuk aktif belajar dengan cara melihat gambar lalu membuat pertanyaan sebanyak mungkin terkait gambar yang disediakan.

Sebagai bagian dari proses pembelajaran yang tidak kalah penting, para peserta juga dibekali pengetahuan mengenai penyusunan instrumen penilaian, mulai dari instrumen sikap dan pengetahuan, instrumen ketrampilan, serta instrumen penilaian antar teman. [wikan]
Oleh lnd (-) | Kategori: Subdit PAI pada SD | Tanggal: 01-04-2015 00:00 

sumber.www.kemenag.go.id