Kopas dari tetangga sebelah
Penilaian memiliki peran penting dalam rangka
mengukur keberhasilan sebuah pembelajaran. Hal inilah yang menjadi
landasan filosofis subdit PAI SD, Kemenag RI dalam melaksanakan kegiatan "Workshop Pengembangan Penilaian PAI SD Berbasis Kurikulum 2013" yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 30 Maret - 1 April 2015.
Kepala Subdit PAI SD,
Halfian Lubis, dalam paparannya menyampikan, "salah satu permasalahan
yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam selain penguasaan media dan
metode pembelajaran juga ketrampilan dalam melakukan penilaian terhadap
peserta didik". Karena itulah perlunya para guru meningkatkan kemampuan
dalam hal penilaian terutama penilaian otentik yang menjadi nafas dari
Kurikulum 2013. Hal ini menjadi penting, mengingat penilaian otentik
merupakan penilaian yang meliputi masukan (input), proses, dan keluaran
(output) pembelajaran.
Salah satu narasumber, Dr. Safari, dari Pusat
Kurikulum (Puskur) Kemendikbud mengatakan, "jangan sampai para guru
punya niat menggelincirkan siswa dalam membuat soal. Adalah kesalahan
yang besar jika guru menyusun soal tanpa menggunakan aturan ataupun
kriteria yang justru malah menjatuhkan siswa".
Safari juga menjelaskan dalam penilaian guru harus memegang prinsip UKRK yang
merupakan akronim dari Urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Keterpakaian
sehari-hari. Soal atau pertanyaan dalam penilaian akan memperlihatkan
kualitasnya jika jelas urgensinya atau kepentingannya, berkelanjutan,
relevan antar satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain, serta
dapat dirasakan keterpakaiannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam kegiatan yang diikuti oleh sejumlah guru
dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut, peserta juga
diperkenalkan metode pembelajaran Market Plan Activity. Metode tersebut merupakan metode berbasis pembelajaran aktif atau yang lebih dikenal dengan nama Active Learning.
Dalam salah satu prakteknya, siswa diajak untuk aktif belajar dengan
cara melihat gambar lalu membuat pertanyaan sebanyak mungkin terkait
gambar yang disediakan.
Sebagai bagian dari proses pembelajaran yang
tidak kalah penting, para peserta juga dibekali pengetahuan mengenai
penyusunan instrumen penilaian, mulai dari instrumen sikap dan
pengetahuan, instrumen ketrampilan, serta instrumen penilaian antar
teman. [wikan]
Oleh lnd (-) | Kategori: Subdit PAI pada SD |
Tanggal: 01-04-2015 00:00
sumber.www.kemenag.go.id